Tips Bagaimana Cara Mencegah Diare Pada Anak

tips bagaimana cara mencegah diare pada anak
tips bagaimana cara mencegah diare pada anak
Yuk kita pelajari tips bagaimana cara mencegah diare pada anak kita. Tentunya penyakit diare ini menghambat aktifitas dan pergerakan si kecil karena dengan keadaan perut yang mules membuat si anak hanya bisa diam dan tidak banyak gerak sehingga menjadi pasif dan telihat pucat.

Yuk pelajari penyebab diare pada anak bisa dicegah dengan beberapa cara berikut ini:

1. Biasakan anak cuci tangan

Pastikan anak-anak mencuci tangan yang bersih, terutama setelah dari toilet dan sebelum makan. Mencuci tangan adalah cara terbaik untuk mencegah infeksi diare yang menular dari orang ke orang. 
Penting juga bagi orangtua, anggota keluarga lainnya, serta pengasuh untuk selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar anak.
 
Bayi atau balita sering memasukkan benda asing dan tangan ke dalam mulutnya. Benda apa pun yang kotor dan masuk ke dalam mulut anak dapat memindahkan kuman ke dalam tubuhnya.

2. Jaga kebersihan kamar mandi, wastafel, dan toilet

Selalu bersihkan permukaan toilet, wastafel, dan kran wastafel secara rutin. Umumnya anak-anak sering menyentuh bagian tersebut saat di kamar mandi.
Jangan lup juga untuk rutin membersihkan mainan dan mencuci boneka yang sering anak ajak bermain, terutama jika sampai dibawa-bawa keluar rumah.

3. Cuci buah dan sayuran sebelum diolah

Selalu cuci semua sayur dan buah sampai bersih menggunakan sabun khusus makanan. Beberapa buah dan sayuran mentah mengandung parasit dan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi diare pada anak.
Tidak lupa juga, selalu bersihkan dapur dan peralatan memasak dengan sabun. Terutama sehabis memotong daging hewan mentah.

4. Masak makanan sampai matang

Saat hendak menyajikan makanan untuk anak, pastikan semua bahannya sudah dimasak hingga matang sempurna. Terutama daging sapi, ayam, dan ikan.
Ciri-ciri daging sapi yang sudah matang dilihat dari warnanya coklat merata, tidak ada bagian daging yang berwarna merah muda. Daging ayam atau ikan yang sudah matang sempurna biasanya berwarna putih merata.
Selalu simpan persediaan daging mentah di freezer kulkas. 

5. Jangan berikan anak air minum yang tidak steril

Selalu berikan anak air minum yang terjamin bersih. Jangan berikan air minum langsung dari mata air, sungai, air kran, dan sumber lain yang belum tentu terjamin kebersihannya. Jika sedang bepergian, selalu siap sedia air minum kemasan atau air putih dalam botol untuk mencegah risiko diare pada anak akibat air minum terkontaminasi.

Sekian dulu deh artikel terkait tips bagaimana cara mencegah diare pada anak. Semoga anak anak kita terus sehat dan tidak terkena diare yaa ayah bunda tercintaa...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel