Penjelasan Lengkap Norma Kelompok, Sosial Beserta Contohnya
Tuesday, August 27, 2019
Edit
Artikel ini akan membahas mengenai Norma Kelompok, Bagaimana Terjadinya
norma, Psikodinamika norma, Perubahan sosial. Melalui artikel ini
diharapkan mampu memahami proses terjadinya norma kelompok dan
menjelaskan serta memahami psikodinamika kelompok, serta perubahan
sosial yang terjadi pada kelompok.
Defnisi Penjelasan Norma Kelompok
Sebuah kasus jautuhnya pesawat, yang selamat dari kecelakaan yang diperlukan adalah untuk koordinasi tindakan mereka jika mereka tetap hidup. Dengan makanan, air, dan tempat tinggal sangat terbatas, mereka dipaksa untuk berinteraksi dengan dan bergantung pada satu sama lain secara terus-menerus pada sebuah pulau, dan tindakan tidak patuh pada dari satu orang saja akan mengganggu dan bahkan membahayakan beberapa orang lain.
Defnisi Penjelasan Norma Kelompok
Sebuah kasus jautuhnya pesawat, yang selamat dari kecelakaan yang diperlukan adalah untuk koordinasi tindakan mereka jika mereka tetap hidup. Dengan makanan, air, dan tempat tinggal sangat terbatas, mereka dipaksa untuk berinteraksi dengan dan bergantung pada satu sama lain secara terus-menerus pada sebuah pulau, dan tindakan tidak patuh pada dari satu orang saja akan mengganggu dan bahkan membahayakan beberapa orang lain.
Jadi anggota segera mulai mengikuti seperangkat aturan bersama yang
didefinisikan bagaimana kelompok akan tidur di malam hari, apa jenis
tugas masing-masing individu yang sehat diharapkan untuk melakukan apa
dan bagaimana makanan dan air itu harus dibagi (forsyth, 2010).
Norma-norma kelompok adalah standar yang mengatur perilaku dalam suatu kelompok. Norma-norma dapat secara eksplisit dan dicatat dengan hati-hati untuk semua anggota pada masa depan untuk dilihat dan dipelajari, tetapi juga dapat bersifat secara implisit, di mana transmisi norma untuk anggota baru akan tergantung pada kemampuan dan motivasi senior anggota kelompok untuk menyampaikan secara akurat norma. Norma memiliki pengaruh yang kuat terhadap perilaku kelompok dan sulit untuk berubah. Lebih menyusahkan bagi pemimpin kelompok yang ingin mengubah norma kelompok (Parks, 2004).
Norma adalah peraturan di dalam kelompok yang mengindikasikan bagaimana anggota-anggota seharusnya atau tidak seharusnya bertingkah laku (Baron dan Byrne, 2003).
Menurut Baron dan Byrne, norma kelompok merupakan faktor yang menyebabkan kelompok memiliki dampak yang kuat terhadap anggota-anggotanya. Peraturan yang diciptakan oleh kelompok untuk memberi tahu anggotanya bagaimana mereka seharusnya bertingkah laku. Kepatuhan pada norma sering kali merupakan kondisi yang diperlukan untuk mendapatkan status dan penghargaan lain yang dikontrol oleh kelompok.
Norma-norma kelompok adalah standar yang mengatur perilaku dalam suatu kelompok. Norma-norma dapat secara eksplisit dan dicatat dengan hati-hati untuk semua anggota pada masa depan untuk dilihat dan dipelajari, tetapi juga dapat bersifat secara implisit, di mana transmisi norma untuk anggota baru akan tergantung pada kemampuan dan motivasi senior anggota kelompok untuk menyampaikan secara akurat norma. Norma memiliki pengaruh yang kuat terhadap perilaku kelompok dan sulit untuk berubah. Lebih menyusahkan bagi pemimpin kelompok yang ingin mengubah norma kelompok (Parks, 2004).
Norma adalah peraturan di dalam kelompok yang mengindikasikan bagaimana anggota-anggota seharusnya atau tidak seharusnya bertingkah laku (Baron dan Byrne, 2003).
Menurut Baron dan Byrne, norma kelompok merupakan faktor yang menyebabkan kelompok memiliki dampak yang kuat terhadap anggota-anggotanya. Peraturan yang diciptakan oleh kelompok untuk memberi tahu anggotanya bagaimana mereka seharusnya bertingkah laku. Kepatuhan pada norma sering kali merupakan kondisi yang diperlukan untuk mendapatkan status dan penghargaan lain yang dikontrol oleh kelompok.
Jenis-Jenis Norma Sosial
Semua kelompok memiliki beberapa sistem norma yang mengatur perilaku anggotanya. Memang, kelompok yangtidak mempunyai norma akan kacau dan anarkis karena ada tidak akan ada batas untuk perilaku yang sesuai dan benar. Norma membantu anggota kelompok menentukan apa yang harus dilakukan dalam situasi yang asing, dan bagi banyak kelompok norma sangat penting untuk keberhasilan kelompok atau organisasi. Terdapat norma untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Norma sosial dapat bersifat formal dan non formal.1. Norma sosial deskriptif (himbauan).
Norma deskriptif adalah norma yang hanya mendeskripsikan apa yang sebagian besar orang lakukan pada situasi tertentu. Norma-norma ini mempengaruhi tingkah laku dengan cara memberitahu perilaku kita mengenai apa yang umumnya dianggap efektif atau adaptif pada situasi tersebut.
Norma injungtif adalah norma yang harus dipatuhi atau menetapkan apa yang harus dilakukan, tingkah laku apa yang dapat diterima atau tidak diterima pada situasi tertentu.
Kedua norma tersebut dapat memberikan pengaruh yang kuat pada tingkah laku (Brown dalam Baron dan Byrne). Akan tetapi Cialdini dkk. Percaya bahwa pada situasi-situasi tertentu (terutama situasi dimana tingkah laku anti sosial) cenderung muncul, norma injungtif dapat memberikan pengaruh yang lebih kuat. Hal ini benar karena karena dua hal:
- Norma semacam itu cenderung mengalihkan perhatian dari bagaimana orang-orang bertindak pada suatu situasi tertentu, misalnya membuang sampah sembarangan.
- Norma semacam itu dapat mengaktifkan motif sosial untuk melakukan hal yang benar dalam situasi tertentu tanpa mengindahkan apa yang orang lain lakukan.
Proses Pembentukan Norma Kelompok
Kelompok mempunyai pengaruh pada yang ambigu (Sherif, 1936) dan situasi yang tidak ambigu orang sering mengadopsi pendapat anggota kelompok yang lain dan bertemu dengan norma-norma sosial (Asch, 1951, 1955).Website Terkait: Informasi lebih lanjut tentang studi kesesuaian Asch Norma-norma sosial ini mencerminkan evaluasi kelompok apa yang benar dan salah. Sebagai hasil dari konvergensi pendapat kelompok, orang menjadi lebih sama ketika berinteraksi dalam kelompok (http://psypress.co.uk).
Kelompok
terkadang mendiskusikan dan secara resmi mengadopsi norma sebagai
aturan kelompok mereka, tetapi norma-norma lebih sering adalah standar
implisit daripada yang eksplisit. Karena anggota secara bertahap
menyelaraskan perilaku mereka sampai mereka sesuai dengan standar
tertentu, mereka sering bahkan tidak menyadari bahwa perilaku mereka
ditentukan oleh norma-norma situasi. Mereka mengambil norma-norma
tersebut begitu saja sehingga sepenuhnya bahwa mereka mematuhi secara
otomatis (Aarts, Dijksterhuis, & Custers, dalam Forsyth, 2010).
Menurut Sherif (Forsyth, 2010), bahwa norma-norma muncul, secara bertahap, karena perilaku anggota kelompok, penilaian, dan keyakinan menyelaraskan perilaku dari waktu ke waktu. Norma, karena baik konsensual (diterima oleh banyak anggota kelompok) dan diinternalisasi (secara pribadi diterima oleh setiap anggota kelompok), adalah fakta sosial – yang diambil untuk diberikan pada elemen struktur yang stabil pada kelompok. Bahkan jika individu-individu yang awalnya didorong norma-norma tidak lagi hadir, inovasi normatif mereka tetap menjadi bagian dari tradisi kelompok, dan pendatang baru harus berubah untuk mengadopsi tradisi kelompok.
Muzafer Sherif (Forsyth, 2010) dalam penelitiannya menemukan bahwa individu cenderung mengambil keputusan secara individual. Namun ketika individu berada dalam sebuah kelompok akan berbeda. Sesi pertama dalam kelompok, individu mulai mempertimbangkan keputusan lain dari anggota lain dalam kelompok. Kemudian keputusan individu tersebut menjadi sebuah keputusan kelompok. Sherif mempelajari bahwa perkembangan norma merupakan gerak refleks dari setiap anggotanya.
Muzafer Sherif, mempelajari proses ini munculnya norma dengan mengambil keuntungan dari autokinetic (self-motion) efek. Dalam satu studi efek autokinetic, peneliti membentuk norma ekstrim menempatkan tiga orang yang dalam tiga kelompok. Sesi pertama dalam kelompok, individu tersebut mulai mempertimbangkan keputusan lain dari anggota kelompok lainnya. kemudian, keputusan individu tersebut menjadi satu keputusan kelompok hingga pada sesi ketiga keputusan menjadi konvergen atau menjadi keputusan bulat. Proses konvergensi atau bersatunya keputusan menjadi satu keputusan dalam kelompok.
Menurut Sherif, norma berkembang karena adanya interaksi diantara anggota kelompok.
Dalam studi generasi lain, peneliti memberikan umpan balik kelompok yang disarankan bahwa norma mereka tentang bagaimana keputusan harus dibuat menyebabkan mereka untuk membuat kesalahan, tetapi umpan balik negatif ini tidak mengurangi usia panjang norma pada setiap generasi anggota dalam kelompok (Nielsen & Miller, 1997).
Menurut Sherif (Forsyth, 2010), bahwa norma-norma muncul, secara bertahap, karena perilaku anggota kelompok, penilaian, dan keyakinan menyelaraskan perilaku dari waktu ke waktu. Norma, karena baik konsensual (diterima oleh banyak anggota kelompok) dan diinternalisasi (secara pribadi diterima oleh setiap anggota kelompok), adalah fakta sosial – yang diambil untuk diberikan pada elemen struktur yang stabil pada kelompok. Bahkan jika individu-individu yang awalnya didorong norma-norma tidak lagi hadir, inovasi normatif mereka tetap menjadi bagian dari tradisi kelompok, dan pendatang baru harus berubah untuk mengadopsi tradisi kelompok.
Muzafer Sherif (Forsyth, 2010) dalam penelitiannya menemukan bahwa individu cenderung mengambil keputusan secara individual. Namun ketika individu berada dalam sebuah kelompok akan berbeda. Sesi pertama dalam kelompok, individu mulai mempertimbangkan keputusan lain dari anggota lain dalam kelompok. Kemudian keputusan individu tersebut menjadi sebuah keputusan kelompok. Sherif mempelajari bahwa perkembangan norma merupakan gerak refleks dari setiap anggotanya.
Muzafer Sherif, mempelajari proses ini munculnya norma dengan mengambil keuntungan dari autokinetic (self-motion) efek. Dalam satu studi efek autokinetic, peneliti membentuk norma ekstrim menempatkan tiga orang yang dalam tiga kelompok. Sesi pertama dalam kelompok, individu tersebut mulai mempertimbangkan keputusan lain dari anggota kelompok lainnya. kemudian, keputusan individu tersebut menjadi satu keputusan kelompok hingga pada sesi ketiga keputusan menjadi konvergen atau menjadi keputusan bulat. Proses konvergensi atau bersatunya keputusan menjadi satu keputusan dalam kelompok.
Menurut Sherif, norma berkembang karena adanya interaksi diantara anggota kelompok.
Dalam studi generasi lain, peneliti memberikan umpan balik kelompok yang disarankan bahwa norma mereka tentang bagaimana keputusan harus dibuat menyebabkan mereka untuk membuat kesalahan, tetapi umpan balik negatif ini tidak mengurangi usia panjang norma pada setiap generasi anggota dalam kelompok (Nielsen & Miller, 1997).
Karakteristik dan Varietas (Jenis-Jenis) Norma
Fitur-fitur umum | Deskripsi |
Deskriptif | Menjelaskan bagaimana kebanyakan anggota-anggota dalam kelompokm beraksi, merasa, dan berpikir |
Konsensual | Terbagi diantara anggota kelompok, daripada secara personal dan level keyakinan tiap anggota kelompok |
Injungtif | Menjelaskan perilaku yang mana yang buruk atau tidak diterima dan yang baik atau dapat diterima |
Preskriptif | Melihat standar perilaku yang diharapkan, apa yang harus dilakukan |
Proskriptif | Mengidentifikasi perilaku-perilaku yang seharusnya tidak ditampilkan |
Informal | Menjelaskan aturan-aturan yang tidak tertulis dalam kelompok |
Implisit | Diambil oleh anggota kelompok dan secara otomatis mengikuti norma kelompok |
Pembangkitan diri (self-generating) | Muncul sebagai anggota mencapai konsensus melalui pengaruh timbal balik |
Stabil | Sekali norma berkembang, anggota akan tahan (resisten) terhadap perubahan dan diteruskan dari anggota saat ini menuju anggota baru |
Psikodinamika Norma
Kapankah tepatnya norma injungtif benar-benar mempengaruhi perilaku? Karena jelas bahwa norma tersebut tidak selalu dapat mempengaruhi tingkah laku seseorang . contohnya meskipun ada norma injungtif yang menyatakan, “bersihkan kotoran ayam dikandangmu” dan meskipun pada kenyataannya terdapat aturan untuk yang mengatur kebersihan lingkungan, dan seringkali pemilik kandang ayam juga melihat pada tetangga yang juga mempunyai kandang ayam yang juga tidak menghiraukan kebersihan lingkungan.Mengapa orang-orang mengabaikan norma injungtif? Hal ini dapat dijelaskan melalui teori fokus normatif (Focus Normative Theory) oleh Cialdini (1990). Teori ini menyatakan bahwa norma akan akan mempengaruhi tingkah laku hanya bila norma tersebut menjadi fokus orang-orang yang telibat pada saat perilaku tersebut muncul . Dengan kata lain, orang akan mematuhi norma injungtif hanya jika mereka memikirkan tentang norma tersebut dan melihatnya terkait dengan tindakan mereka.
Penelitian yang dilakukan Kallgren, Reno, dan Cialdini (2000) dalam sebuah laboratorium terkait ketika norma injungtif mempengaruhi dan tidak mempengaruhi perilaku. Dari hasil penelitian laboratorium, dihasilkan bahwa partisipan penelitian yang membaca bacaan yang terkait erat dengan norma yang menentang aksi pembuangan sampah sembarangan, cenderung untuk tidak membuang sampah sembarangan dibandingkan dengan kelompok kontrol atau kelompok yang membaca bacaan yang tidak terkait dengan aksi membuang sampah atau norma membuang sampah. Temuan ini memperkuat teori fokus normatif, yang memandang bahwa norma mempengaruhi tingkah laku hanya bila norma tersebut menjadi fokus (penting) bagi orang-orang yang terliibat.
Perubahan Norma Sosial
Melalui norma bagaimana perilaku individu dibentuk oleh apa ada sekitar masyarakat, mereka anggap tepat, benar atau diinginkan. Para peneliti sedang menyelidiki bagaimana norma-norma perilaku manusia dibentuk dalam kelompok dan bagaimana perilaku-perilaku masyarakat berevolusi dari waktu ke waktu, dengan harapan belajar bagaimana untuk mengerahkan pengaruh yang lebih ketika datang untuk mempromosikan kesehatan, pemasaran barang atau mengurangi prasangka.Norma-norma sosial, aturan yang sering terucapkan dari kelompok, bukan hanya membentuk perilaku kita, tetapi juga sikap kita.
Norma sosial mempengaruhi bahkan hingga preferensi yang mereka anggap pribadi, seperti musik yang kita suka atau kebijakan apa yang akan kita dukung. Intervensi yang memanfaatkan tekanan kelompok yang sudah ada, harus mampu menggeser sikap dan perilaku perubahan dengan biaya yang sedikit.
Norma melayani fungsi dasar sosial manusia, membantu kita membedakan apa yang berada dalam kelompok dan apa yang berada diluar kelompok. Berperilaku dengan cara kelompok yang dianggap tepat adalah cara untuk menunjukkan kepada orang lain, dan untuk diri sendiri, bahwa kita adalah bagian dari sebuah kelompok.
Para ilmuwan mengetahui bahwa tekanan kelompok mempunyai efek pengaruh kuat terhadap perilaku kesehatan, termasuk penggunaan alkohol, merokok dan berolahraga. Dengan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam dinamika trensetter dan trend-pengikut, peneliti dapat menemukan lebih banyak pilihan perilaku untuk mempromosikan kesehatan dan pencegahan penyakit (http://online.wsj.com/news/articles).
Kita
sebagai manusia merupakan makhluk sosial yang melihat pentingnya berkelompok.
Secara alamiah, manusia tidak dapat hidup sendiri. Dalam memenuhi kebutuhannya
pun manusia tidak jauh dari interaksi dengan manusia lain yang ada
disekelilingnya. Dengan demikian, hampir seluruh waktu kita habiskan untuk
berinteraksi, dididik, belajar serta bermain dalam kelompok. Kelompok terbentuk
karena adanya dua orang atau lebih yang memiliki kontak untuk mencapai tujuan.
Kelompok memiliki tujuan yang hendak dicapai. Tujuan kelompok adalah suatu
keadaan di masa mendatang yang diinginkan oleh anggota kelompok. Oleh sebab itu
masing-masing anggota melakukan berbagai tugas kelompok.
Ivan
Steiner (dalam Forsyth, 1983) memandang dinamika kelompok melalui dua perspektif, sosiologi dan psikologi. Sosiologi menekankan pada kelompok dan
pengaruh pada kelompok tersebut. Sedangkan psikologi memandang individu sebagai
diri yang unik. Keunikan ini terlihat dari cara berpikir, emosi, dan sikap pada
kelompok. Durkheim (dalam Forsyth, 1983) lebih berfokus pada hubungan
interpersonal pada primary groups.
Sedangkan Gustav Le Bon (dalam Forsyth, 1983) lebih memfokuskan pada dinamika
individu pada kelompok. Pada akhirnya, dinamika kelompok tidak hanya dimiliki
oleh satu disiplin ilmu saja. Keduanya mampu menjadikan dinamika kelompok
sebagai sub bab yang tidak terpisahkan.
·
Persepsi
Anggota
kelompok diterima sebagai anggota kelompok dengan menekankan kriteria atau
ukuran tertentu. Smith (dalam Johnson & Johnson, 2000) memandang perlunya
suatu tindakan penyatuan dari masing-masing anggota terhadap kelompoknya.
Pembagian kelompok diharapkan mempunyai kemampuan yang berimbang, sehingga
apabila ada anggota yang mempunyai tingkat intelegensi tinggi mampu menginduksi
anggota yang lain, sehingga tidak terjadi ketimpangan.
·
Motivasi
Pandangan
ini terjadi karena para ahli mengamati adanya individu-individu yang bergabung
dalam satu kelompok, dan mereka merasa yakin bahwa dengan bergabung dengan
kelompok tersebut, maka kebutuhan yang ada pada dirinya terpenuhi. Menurut
Cattel (dalam Johnson & Johnson, 2000) kelompok adalah kumpulan individu
yang dalam hubungannya dapat memuaskan kebutuhan satu dengan yang lainnya.
·
Tujuan
Mills
(Johnson & Johnson, 2000) menyatakan bahwa kelompok memiliki definisi,
sebagai kelompok kecil yang terdiri dari dua atau lebih dalam sebuah hubungan
untuk sebuah tujuan dan menganggap bahwa hubungan atau interaksi yang terjadi
mempunyai makna. Setiap kelompok memiliki tujuan yang hendak dicapai.
·
Organisasi
Johnson
(2000) menjelaskan bahwa kelompok adalah
suatu sistem yang diorganisasikan pada dua orang atau lebih yang dihubungkan
satu dengan lainnya yang menunjukkan fungsi yang sama, memiliki standar peran
dalam berhubungan antar anggota dan memiliki norma yang mengatur fungsi
kelompok dan setiap anggotanya.
·
Interdependensi
Pengertian
kelompik dapat dilihat dari aspek saling ketergantungan (interdependensi).
Cartwright dan Zender (dalam Johnson & Johnson, 2000) memaparkan bahwa
kelompok adalah sekumpulan individu yang melakukan hubungan dengan orang lain
(sesama anggota) yang menunjukkan saling ketergantungan yang cukup signifikan.
·
Interaksi
Interaksi
atau hubungan timbal balik merupakan komponen yang penting dalam kelompok,
karena dengan hubungan timbal balik tersebut akan ada proses memberi dan
menerima informasi antar anggota kelompok (kebutuhan akan informasi terpenuhi).
Berdasarkan pengertian tersebut, dapat dikatakan bahwa kelompok adalah
sekumpulan orang yang terdiri dari dua atau lebih individu yang melakukan
interaksi satu dengan yang lainnya yang dapat mempengaruhi pada setiap
anggotanya.
Setelah
memahami pengertian kelompok dari berbagai sudut pandang, maka dapat melihat
bagaimana pembentukan kelompok terjadi. Pembentukan kelompok merupakan salah
satu awal dari individu untuk berinteraksi dengan sesamanya. Adapun tahap-tahap
yang perlu diperhatikan dalam pembentukan kelompok yang pertama kali diajukan
oleh Bruce Tackman pada 1965. Teori ini memfokuskan pada cara suatu kelompok
menghadapi suatu tugas mulai dari awal pembentukan kelompok hingga proyek
selesai. Tahap pembentukan kelompok
Tuckman dapat dilihat sebagai berikut:
|
Definisi
|
Contoh
|
Forming
|
Kelompok
baru saja dibentuk dan diberikan tugas. Anggota kelompok masih cenderung
untuk bekerja sendiri dan masih belum saling mengenal sehingga belum bisa
saling percaya.
|
Ketika
ospek, para mahasiswa seangkatan belum saling mengenal sehingga mereka
berkenalan
|
Storming
|
kelompok
sudah mulai mengembangkan ide-ide yang berhubungan dengan tugas yang mereka
hadapi. Sehingga konflik kemungkinan akan muncul.
|
Mencari jalan keluar
untuk menyelesaikan permainan yang menjadi tantangan, beberapa anggota telah
mulai berani mengungkapkan pendapat. Kemungkinan akan terajadi beda pendapat
dan konflik muncul.
|
Norming
|
Kelompok
mulai menemukan kesesuaian dengan kesepakatan yang mereka buat mengenai
aturan-aturan dan nilai-nilai yang digunakan.
|
kelompok
mahasiswa ospek tersebut mulai saling menentukan jalan keluar mana yang
mereka pilih untuk menyelesaikan permainan
|
Performing
|
Kelompok
dapat berfungsi dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan lancar.
|
Kelompok mahasiswa
ospek yang telah menentukan peraturan dan fungsi anggota memulai mengerjakan
permainan sesuai dengan tugas yang telah disepakati.
|
Adjourning
|
Tugas atau pekerjaan
berakhir dan kelompok membubarkan diri.
|
kelompok
mahasiswa ospek telah menyelesaikan permainan dan ospek telah berakhir.
|
1.
Tahap
1 – Forming
Pada
tahap ini, kelompok baru saja dibentuk dan diberikan tugas. Anggota kelompok
masih cenderung untuk bekerja sendiri dan masih belum saling mengenal dan belum
bisa saling percaya. Waktu banyak dihabiskan untuk merencanakan, mengumpulkan
informasi dan mendekatkan diri satu sama lain.
Contoh:
dalam suatu acara ospek, para mahasiswa seangkatan belum saling mengenal antara
mahasiswa satu dengan yang lain, ketika dibagi kedalam suatu kelompok-kelompok
kecil, setiap mahasiswa melakukan suatu perkenalan dan saling menanyakan
identitas teman sekelompok.
2.
Tahap
2 – Storming
Pada
tahap ini kelompok sudah mulai mengembangkan ide-ide berhubungan dengan tugas
yang mereka hadapi. Anggota kelompok saling terbuka dan mengeluarkan ide-ide
dan perspektif mereka masing-masing. Sehingga kemungkinan tejadinya konflik.
Contoh
: Kelompok kecil mahasiswa ospek yang telah saling mengenal tersebut dihadapkan
pada suatu permainan kelompok. Ketika mencari jalan keluar untuk menyelesaikan
permainan tersebut, beberapa anggota telah mulai berani mengungkapkan pendapat.
Pendapat yang bervariasi memungkinkan terjadinya konflik.
3.
Tahap
3 – Norming
Pada
tahap ini sudah terdapat kesepakatan antara anggota kelompok. Kelompok mulai
menemukan kesesuaian dengan kesepakatan yang mereka buat mengenai aturan-aturan
dan nilai-nilai yang digunakan. Pada tahap ini, anggota kelompok mulai dapat
mempercayai satu sama lain seiring dengan melihat kontribusi penting
masing-masing anggota untuk kelompok.
Contoh:
kelompok mahasiswa ospek tersebut mulai saling menentukan jalan keluar mana
yang mereka pilih untuk menyelesaikan permainan. Mereka membuat suatu
kesepakatan seperti menentukan siapa yang harus memimpin permainan dan siapa
yang bekerja menyelesaikan tugas permainan.
4.
Tahap
4 – Performing
Pada
tahap ini, kelompok dapat berfungsi dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas
dengan lancar dan efektif. Anggota kelompok saling tergantung satu sama lain
dan mereka saling respek dalam berkomunikasi.
Contoh:
Kelompok mahasiswa ospek yang telah menentukan peraturan dan fungsi anggota
memulai mengerjakan permainan sesuai dengan tugas yang telah disepakati.
5.
Tahap
5 – Adjourning
Ini
adalah tahap terakhir dalam kelompok dimana proyek tugas atau pekerjaan
berakhir dan kelompok membubarkan diri.
Contoh:
kelompok mahasiswa ospek telah menyelesaikan permainan dan ospek telah
berakhir. Sehingga mereka membubarkan kelompok mereka.
Dalam
sebuah kelompok terdapat struktur yang membentuk perilaku anggotanya dan
memungkinkan untuk menjelaskan sebagian perilaku individu di dalam kelompok
maupun kinerja kelompok itu sendiri. Struktur
kelompok terdiri dari:
|
Definisi
|
Contoh
|
Peran
|
Harapan dalam
menjelaskan tindakan yang layak dari seorang anggota dalam suatu posisi
terhadap posisi lain yang berhubungan.
|
ketua, wakil ketua,
sekertaris
|
Norma
|
Kepercayaan umum
berdasarkan kelayakan, sikap, pandangan anggota kelompok, peran, tersirat
atau tidak, yang mengatur anggota kelompok
|
Kedisiplinan, saling
menghargai, bertanggung jawab
|
aDefinisi Norma
Norma merupakan standar perilaku yang dapat diterima
yang digunakan bersama oleh para anggota kelompok. Norma memberitahukan kepada
anggota apa yang seharusnya dan apa yang tidak seharusnya dilakukan. Norma
sebagai elemen dasar dalam struktur kelompok sebagai arahan dan motivasi,,
pengatur interaksi sosial, serta membuat tanggapan orang lain tersebut dapat diprediksi
dan bermakna.
Johnson dan Johnson (2000)
menyatakan bahwa norma sebagai keyakinan umum dalam kelompok mengenai perilaku,
sikap serta persepsi yang sesuai. Adapun 2 bentuk norma yaitu norma deskriptif dan norma perspektif
dimana yang artinya sebagai berikut:
·
Norma
deskriptif merupakan apa yang sering dilakukan, dirasakan,
serta dipikirkan oleh orang ketika sedang berada dalam suatu situasi tertentu. Contoh: ketika di jalan tol ada himbauan bagi kendaraan
yang berjalan lambat untuk berjalan di bahu kiri dan bagi kendaraan yang ingin
mendahului dan melaju cepat untuk berjalan di lajur kanan.
·
Sedangkan norma perspektif yang lebih evaluatif, menjelaskan apa yang harus
dan tidak boleh dilakukan oleh individu pada situasi tertentu, dan jika ada
yang melanggar akan dinilai negatif.
Contoh: perintah membayar pajak untuk para wajib pajak, bagi yang tidak
mematuhi akan dikenai sanksi.
Dalam proses perkembangan norma, ada seorang peneliti
bernama Muzafer Sherif (Forsyth, 1983) yang mencerminkan bagaimana orang-orang
dalam kelompok dari waktu ke waktu datang untuk mengembangkan standar yang
berfungsi sebagai kerangka acuan bagi perilaku dan persepsi. Sherif mempelajari
perkembangan norma dengan mengambil keuntungan dari gerak refleks. Dalam
penelitiannya, Sherif menemukan bahwa individu cenderung mengambil keputusan
itu sendiri.
Akan tetapi ketika individu tersebut telah berada dalam sebuah
kelompok, pada sesi pertama dalam kelompok, individu tersebut mulai
mempertimbangkan keputusan lain dari anggota kelompok lainnya. Selanjutnya,
keputusan individu tersebut menjadi satu keputusan kelompok. Proses bersatunya
keputusan menjadi satu keputusan dalam kelompok oleh Sherif disebut sebagai funnel pattern atau motif corong.
Menurut Sherif, norma berkembang karena adanya interaksi antar anggota kelompok
tersebut.
·
Role
conflict group performance: konflik dari peran yang
terjadi pada anggota cenderung mengakibatkan konflik pada performa kelompok.
Apabila hal ini terjadi maka keberlangsungan kelompok secara tidak langsung
akan terancam.
Sherif menyimpulkan bahwa
norma-norma baru berkembang dalam kelompok bila konteksnya menyediakan sedikit
informasi untuk menuntun tindakan atau untuk memungkinkan anggota untuk
menyusun keyakinan. Menurut Kelman (dalam Forsyth, 1983) mereka yang mematuhi
norma kelompok bahkan ketika tidak ada tekanan eksternal untuk melakukannya,
menunjukkan bahwa mereka secara pribadi menerima standar tersebut sebagai milik
mereka. Kelompok juga menginternalisasikan norma yang ada pada kelompok mereka
dengan cara menerima norma tersebut sebagai standar yang pasti bagi perilaku
mereka.
b
Makna Suatu Peran
Dalam suatu kelompok masing-masing anggota tentu
tidak melakukan hal yang sama dalam mencapai tujuan. Setiap anggota memiliki
tugas dan fungsi yang berbeda sesuai dengan harapan. Dengan kata lain, anggota
kelompok yang berbeda tentu akan memainkan peran yang berbeda. Contoh: tugas
dan tanggung jawab seorang direktur adalah memimpin perusahaan. Tugas karyawan
adalah mengikuti perintah atasannya.
Role
differentiation
Terkadang
masyarakat sengaja menciptakan perannya. Hal ini ditunjukkan dalam kelompok
untuk memperjelas eksistensi mereka. Tidak hanya formal group structure yang dibentuk, namun kelompok juga akan kemungkinan membentuk informal group structure. Hal ini mengidentifikasikan peran dari
masing-masing anggota kelompok yang bervariasi.
Forsyth
(1983) menyatakan bahwa role
differentiation adalah perbedaan peran dalam suatu kelompok, misal menjadi pemimpin, pengikut, atau pengeluh.
Dalam suatu kelompok tentulah tidak akan memiliki peran yang sama pada
anggotanya. Ada yang berperan sebagai pemimpin sehingga dituntut untuk optimis.
Meskipun bukan menjadi jaminan bahwa dengan status tertentu, setiap anggota di
asosiakan dengan sifat terrtentu.
Type of roles
Benne
dan Sheats (dalam Forsyth, 1983) membagi peran atas:
·
Task
role: anggota kelompok yang melakukan tugasnya untuk
mencapai tujuan tertentu pada kelompok tersebut. Misalnya sebagai coordinator, elaborator, energizer,
evaluatorcritic, information giver, information seeker, dan opinion seeker.
·
Sociemotional
role:
Posisi anggota dalam kelompok untuk mendukung perilaku interpersonal secara
akomodatif. Misalnya compromiser,
encourager, follower, dan harmonizer.
·
Individual
role : peran
individu yang tidak berkontribusi dengan besar, namun tetap dibutuhkan
perannya sebagai penopang kebutuhan kelompok. Misalnya aggressor, block, dominator, dan
help seeker.
Terdapat perbedaan dengan ketiganya karena setiap
anggota akan tidak mudah untuk mencapai task
role dan sociemotional role secara
bersamaan. Masing-masing telah memiliki spesifikasinya sendiri. Spesifikasi
tugas cenderung untuk
mendapatkan pertanyaan lagi, menampilkan
ketegangan, antagonisme, dan
perselisihan.
Sedangkan spesifikasi sosioemosional menerima demostrasi
dari solidaritas, pengurangan ketegangan,
dan solusi
dari masalah.
Namun bukan berarti anggota kelompok tidak mampu menjalankan sekaligus. Bahkan
ketika anggota kelompok melakukan keduanya, maka peran mereka akan menjadi
lebih efektif.
Role
stress
Peran
tidaklah semudah yang dibayangkan. Kadang terdapat benturan sehingga
menimbulkan konflik dengan anggota kelompok yang lain. Ketika hal ini terjadi
peran mereka menjadi kompleks.
·
Role
ambiguity : ekspektasi yang tidak jelas
tentang perilaku yang akan dilakukan
oleh individu yang menempati posisi
dalam kelompok. Sehingga ketika hal ini dirasakan oleh
seseorang, maka dia akan kebingungan harus berperan seperti apa dalam kelompok
tersebut.
·
Role
conflict : Konflik yang terjadi secara intragroup dan intraindividual yang merupakan hasil dari ketidakcocokan
peran. Misalnya ketika seseorang mengalami pergolakan dengan perannya
sendiri akibat dari peran oranglain yang tidak sesuai sehingga mengacaukan
perannya sendiri. Hal inilah yang dinamakan intrarole
conflict. Namun apabila ketidakcocokan antara dua peran sekaligus hal ini
dinamakan interrole conflict.
Daftar Pustaka
- Parks, C. D. 2004. Encyclopedia of Leadership. 2004. SAGE Publications.
- Forsyth, R, D. 2010. Group Dynamics, Fifth Edition. Wadsworth, Cengage Learning.
- http://psypress.co.uk/smithandmackie/resources/topic.asp?
- Baron, A. R. & Byrne, D. 2003. Psikologi Sosial. Penerbit Erlangga. Jakarta. Edisi kesepuluh.
- Taylor, E. S., Peplau, A. L., & Sears, O. D. 2009. Psikologi Sosial. Prenada Media Group. Jakarta.
- Forsyth, D.R. (1983). An introduction to group dynamics. California:Brooks/Cole Publishing Company.
- Johnson, D.W. & F. P. Johnson. (2003). Joining together: Group theory and group skill, fourth edition.