Pengertian dan struktur teks cerita sejarah


Teks Sejarah pengertian, kaidah dan strukturnya.
Pengertian Teks sejarah adalah teks yang menjelaskan fakta-fakta kejadian dimasa lalu yang menjadi asal-muasal atau latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai kesejaraan. Teks ini biasanya bersifat naratif dan bisa juga deskriptif.

Kaidah teks cerita sejarah
  1. Menceritakan masa lalu
  2. Menggunakan verba
  3. Menggunakan frasa adverbia
  4. Menggunakan kalimat naratif atau deskriptif
  5. Berdasarkan fakta
Struktur teks cerita sejarah
  1. Orientasi tahap orientasi memberi informasi tentang situasi cerita sejarah yang di angkat dalam teks, latar belakang, waktu, serta beberapa hal lain secara umum. Orientasi adalah judul cerita teks sejarah, kriteria judul untuk teks sejarah yang baik dan benar adalah sebagai berikut ( Asli dan relevan, singkat berbentuk frasa, awal kata harus kapital kecuali preposisi dan konjungsi, tanpa tanda baca di akhir judul, logis dan menarik perhatian, sesuai dengan isi ).
  2. Urutan pristiwa sejarah tahap ini terdiri atas beberapa paragraf yang menyediakan rekaman pristiwa berdasarkan urutan waktu terjadinya sebuah sejarah, bagian ini termasuk sebagai inti dalam cerita teks sejarah yang didalamnya membahas berbagai macam pristiwa atau kejadian yang melibatkan banyak pihak.
  3. Reorientasi bagian ini berisi tentang cerita akhir dari paparan yang disampaikan sebelumnya. Pada umumnya berupa akibat (konsekuensi) dari rangkaian pristiwa sebelumnya. Misalnya tentang kekalahan, kemenangan, atau kematian. Mumgkin juga berisi simpulan, komentar, atau evaluasi dari pristiwa tersebut.
Contoh Orientasi dalam teks sejarah
Sejarah sumpah pemuda, Sumpah pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan bangsa indonesia, Ikar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya bangsa indonesia.
Contoh Urutan pristiwa dalam teks sejarah
Pada 28 mei 1928 diadakan pembahasan yang dilanjutkan dengan pertemuan berikutnya, yakni 12 agustus 1928. Pertemuan akhir ini dihadiri oleh seluruh organisasi pemuda, yang kemudian memutuskan mengadakan kongres pada 28 oktokber 1928. 
Contoh Reorientasi dalam teks sejarah
Demikianlah rumusan sumpah pemuda tahun 1928. Namun, perlu di ketahui bahwa sumpah pemuda tidak lahir begitu saja. Banyak hal yang melandasi tekad para pemuda untuk bersatu. Mereka sadar, indonesia tidak akan mencapai kemerdekaannya kalau para pemuda tidak bersatu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel